Wednesday, October 24, 2007

Sms mengejutkan...

Minggu, 21 Oktober 2007, baru saja mau pulang gereja, dapat sms dari mama. " Ada waktu? ". Aku balas," Baru selesai gereja. Knp?".
"Yah kalau sempat telp. Sedih nih. :-(". "10 menit lagi aku telpon yah..."
Ternyata berita yg aku trima memang 'ngiris' hati. Berita ttg adik iparku yang minta pisah dg adikku. Alasan ga jelas. Kayaknya ini akibat kurang komunikasi; kesibukkan mereka dan udah lama tidak melangkah ke rumah Tuhan. Jiwa jadi kering dan hampa. Bertemu dengan 'dunia gaul'. Pikiran jadi ga jernih. Masalah ga bisa diselesaikan dg hati dan pikiran sehat.
Senin kemarin, 22 Oktober 2007 pk. 3 siang, di Surabaya, 'papi' dipanggil pulang ke rumah Tuhan. Aku trima sms itu dari mama. Setengah percaya, aku balas... Apa? Kok bisa?. Sedih.
Masih ingat, beliau kemari bersama istri dan anak bungsu nya. Mengunjungi rumah kami. Masih ingat, beliau bilang sehat-sehat saja selama ini. Hanya perlu jaga 'gula' nya. Agak tinggi.
Masih ingat, waktu pho pho ku meninggal (Oma) bulan Pebruari lalu dan aku bertemu beliau..."Apa kabar? " Beliau menjawab,"Baik2 saja....
Tahu2, 'papi' pergi gitu aja. Enak buat 'papi', ga perlu sakit2an dulu. Ga enak buat keluarganya. Juga rekan bisnis nya yg ketemu 'papi' pagi ngobrol2; sore hari 'papi' udah di peti.
Cici trima berita dg adik2nya langsung ke Cengkareng. Waktu aku telpon, dia ngotot kalau papa nya itu sakit keras. Dan minta aku bantu dalam doa supaya bisa sembuh. Aku bilang....'papi' udah ke sorga. Cici yang kuat yah..." Ah...percuma ngomong sama cici yg 'histeris'. Yah...aku 'iyah2' in aja deh.

Hari itu aku lemas sekali.....2 hari berturut-turut. Ya Tuhan!, kenapa semuanya itu terjadi berurutan? ngilu rasanya hatiku....

Aku hampir mau berangkat ke Jakarta. Tapi Joel nangis...kuatir mami nya ga bisa hadir di graduation concert malam ini. Sulit. Ditambah Thea baru selesai ujian besok Jum'at.
Pikir2 lagi, anak2ku adalah masa kini dan depan. 'Papi' masa lalu.
Akupun minta maaf dg keluarga di Jakarta. Aku pilih anak2 ku.
Kesan nya 'selfish' euy..........duh...gimana? sempat galau di hati.

Tapi hari ini, hati ku damai sejahtera. Setelah berdoa.
Aku pikir aku sudah mengambil keputusan terbaik. Aku tetap di sisi anak2 ku yg membutuhkan ku. Mereka masa kini dan depan ku.

No comments: