Sunday, August 12, 2007

Makanan sehat, tetap sakit.

Belakangan ini cuaca berubah-ubah terus. Bentar panas bentar hujan. Joel memang dari kecil punya alergi. Bahkan dokter anak bilang dia ada mild astma. Mulai deh...Joel bersin-bersin tiap bangun tidur; ingus nya kental dan banyak. Kalau ga bersin, pasti batuk-batuk. Kalau sudah begitu, aku pasti pasang 'puff' dan semprot 'ventolin' juga 'inflammider' pagi dan malam. Mencegah supaya ga makin parah.
Padahal aku sangat memperhatikan soal makanan kepada anak-anak sejak mereka lahir hingga sekarang. Tetap aja, yang namanya alergi kagak bisa dicegah. Tapi bisa dikurangi efek nya.
Dulu waktu umur 1 tahun-an, Joel kalau batuk, pasti panas. Udah itu bisa muntah dahak berkali-kali di malam hari. Sampai satu malam bisa ganti sarung bantal dan sprei berkali-kali. Pernah juga mesti pakai mesin di dokter anak supaya dahak di paru-parunya bisa clear.
Sampai umur 3 tahun, hampir deh tiap 2 bulan sekali ke dokter. Kasihan kalau lihat Joel mesti pakai mesin maupun minum obat terus-terusan. Syukurnya ada teman memperkenalkan 'spirulina' yaitu ganggang biru berbentuk tablet. Warnanya hijau tua. Khususnya Joel, tiap hari, aku kasih dia minum 5 tablet kecil. Dia suka kunyah tuh tablet, padahal baunya amis. Tapi sejak minum ini, khususnya kalau alergi nya kumat, ga pernah lagi parah. Pernah spirulina udah habis, kira-kira 2 bulan, kami ga sempat beli. Joel batuk parah. Terpaksa ke dokter. Dokter bilang...oh, very good. More than 1 year, Joel never got sick !. Aku yah jelasin ke dokter, ada sih sakit tapi cepat sembuhnya. Baru sekarang ini sakit rada parah. Katanya dokter, biasanya mild asthma, bisa sering kambuh kalau cuaca berubah. Yah.. Thanks GOD ! Joel udah jarang banget dibawa ke dokter. Ga tahu itu benar karena suplemen spirulina, atau karena Joel sudah makin besar. Anyway, kasih makanan sehat ga menjamin ga sakit. Tapi setidaknya tidak membuat sakit itu jadi parah.

No comments: